cargo udara port to port

Menggunakan Layanan Cargo Udara Port to Port

Jika ditelaah lagi, cargo udara port to port adalah salah satu layanan pengiriman yang lebih banyak dicari juga banyak peminatnya. Untuk menggunakan layanan tersebut, maka barang yang akan dikirim harus dibawa menuju bandara atau terminal kargo, barulah penerima barang dapat menjemput barang kiriman. Layanan tersebut sangat tepat digunakan  bagi orang yang merasa bahwa paket tersebut sangat penting. Selain itu, barang harus tiba secepat mungkin sehingga barang atau cargo yang dikirim dapat diterima secepat kilat, bahkan kalau bisa dalam hitungan jam (sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat). Layanan pengiriman kargo atau barang  ini juga dikenal sebagai layanan ekspress.

Beberapa Manfaat Layanan Cargo Udara Port to Port

cargo udara port to port

Pengertian layanan cargo udara port to port dapat diartikan  sama dengan layanan jasa door to door. Akan tetapi, yang membedakannya adalah  metode pengirimannya serta tarif layanan yang ditawarkan kepada Anda. Telah diatakan sebelumnya bahwa barang yang dikirim hanya akan sampai di gudang penyimpanan barang bandara (di terminal kargo). Lalu  setelah sampai, penerima akan dihubungi pihak layanan pegiriman kargo untuk mengambilnya ke sana. Di bawah ini adalah beberapa manfaat jika Anda berniat untuk memakai layanan pengiriman cargo udara port to port:

  • Biaya/Tarif Terbilang Lebih Murah: Layanan cargo udara port to port ini lebih murah daripada door to door service. Namun, kekurangannya memang terletak pada prosedur serta proses yang dibuat pihak penyedia layanan, yaitu dengan cara pengirim dan penerima mesti datang ke bandara atau gudang pengiriman barang untuk malalui proses selanjutnya.
  • Barang Mengalami Pemantauan: Barang yang dikirim akan diperiksa dan juga dipantau secara seksama terlebih dahulu untuk memastikan keamanan barang selama proses pengirimannya. Hal ini sangat bermanfaat untuk memberikan jaminan keselamatan barang Anda supaya tiba dengan selamat dan aman ketika sampai di tangan penerima barang.

Cara Pengambilan Barang Cargo Udara Port to Port

cargo udara port to port

Barang yang dikirim tidak akan sampai langsung pada penerima barang. Jika Anda adalah pihak penerima, Anda wajib mengambil barang atau kargo yang dikirim ke terminal cargo di bandara yang telah diberitahukan pihak jasa pengiriman. Berikut adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan penerima barang untuk mengambil paket:

  • Mendapatkan Nomor SMU: Sebelumnya, pastikan Anda sudah mendapatkan nomor SMU (Surat Muatan Udara). Selain itu, pastikan juga untuk menghubungi pihak layanan cargo udara port to port yang benar lewat kontak yang dapat dihubungi. Nomor tersebut akan digunakan untuk melacak barang saat Anda berada di terminal kago.
  • Datang ke Terminal Kargo: Usai barang dinyatakan tiba di stasiun atau terminal kargo, pihak layanan pengiriman kargo akan menghubungi Anda dan mengiformasikan nomor SMU. Lalu, Anda pun bisa datang langsung menuju  terminal kargo. Sebelumnya masuk ke loket pelayanan, Anda akan diminta tiket masuk tergantung kesepakatan pihak terkait.
  • Setelah itu, Anda dapat datang menuju loket pelayanan dan tanyakan perihal pengambilan paket. Biasanya, sebelum mendapatkan barang Anda harus mengisi formulir yang disertai pertanyaan tentang nomor SMU. Selain itu, Anda akan diminta  menunjukan KTP untuk membuktikan bahwa Anda penerima barang.
  • Tidak habis di sana, Anda akan diperkenankan untuk membayar handling di kasir dengan tarif yang telah disepakati sebelumnya berdasarkan pihak terminal kargo setempat. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya. Bahkan biaya denda apabila Anda terlambat membawa barang yang telah dikirim. Kurang lebih, seperti itulah ketentuannya, dan barulah Anda bisa mendapatkan barang kirimannya.

 

Posted in umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *