pengertian distribusi dan logistik

Arti Distribusi dan Logistik Pada Perusahaan

Pengertian distribusi dan logistik merupakan dua hal yang berbeda namun berkaitan erat. Keduanya sama-sama memiliki peran penting dalam bidang usaha. Baik dalam manufaktur maupun industri, keduanya berkontribusi besar. Usaha dalam bentuk penjaulan barang maupun jasa akan membutuhkan peran baik dari logistik maupun distribusi.

Pengertian Distribusi dan Logistik

pengertian logistik dan distribusi

Arti distribusi dan logistik tak lepas dari manajemen sebuah perusahaan. Distribusi bisa diartikan sebagai saluran yang bisa digunakan oleh produsen untuk menyampaikan barang maupun layanan jasa mereka kepada konsumen. Maka, kita mengenal istilah distributor yang siap melakukan tugas tersebut.

Sedangkan logistik memiliki arti yang berbeda. Istilah ini bisa diartikan sebagai pengendalian arus material, barang jadi, maupun informasi yang berkaitan dengan bidang usaha. Logistik ada hubungannya dengan distribusi. Dalam logistik ada perencanaan dan  pengendalian arus barang mulai dari pabrik atau produsen hingga kepada konsumen.

Mengenal Logistik dan Fungsi Utamanya

fungsi utama logistik

Logistik memiliki fungsi yang penting baik dalam industri secara umum maupun dalam manufaktur. Beberapa fungsinya ialah dalam berbagai hal berikut ini :

  • Pemrosesan pesanan => Pesanan ini bisa disampikan lewat banyak cara. Mulai dari pos, telepon, hingga online bisa dipakai sebagai sarananya. Setelah itu, pesanan ini diproses dengan cepat dan tepat. Setelah barang jadi baru dikirimkan disertai dengan tagihan.
  • Fungsi pergudangan => Setiap usaha harus memiliki simpanan produk sebelum terjual. Hal ini memungkinkan siklus produksi berjalan dengan lancar. Untuk itu, mulai dari lokasi hingga jenis gudang sangat menentukan manajerial logistik.
  • Manajemen sediaan => Fungsi ini bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan. Namun cukup sulit untuk menentukan jumlah sediaan yang dibutuhkan. Hal ini karena jika sediaan terlalu banyak maka akan menjadi beban gudang.
  • Transportasi => Kepututusan pemakaian transportasi sangat mempengaruhi dalam pemasaran. Hal ini akan turut mempengaruhi harga pokok, kinerja penyerahan hingga kondisi barang yang dikirimkan.

Mengenal Distribusi dan Fungsinya

mengenal distribusi dan fungsinya

Distribusi erat kaitannya dengan penyaluran barang dari konsumen kepada produsen. Namun ternyata ada fungsi-fungsi lain yang lebih kompleks dari istilah distribusi ini. Beberapa fungsi pentingnya ialah :

  • Informasi => Saluran distribusi memiliki fungsi untuk pengumpulan informasi. Mulai dari riset pemasaran hingga potensi pasar menjadi hal-hal penting dalam hal ini. Semuanya akan berkaitan dengan proses-proses produksi selanjutnya.
  • Promosi => Untuk fungsi ini, saluran distribusi harus mengembangkan dan menyebarkan komunikasi kepada konsumen. Berbagai sarana promosi bisa dipilih guna memenuhi fungsi yang satu ini.
  • Kontak => Maksudnya, saluran distribusi juga berfungsi melakukan kontak langsung dengan pelanggan.

Selain ketiga fungsi di atas masih banyak lagi fungsi distribusi. Contohnya ialah dalam pembayaran, pengambilan resiko, pembiayaan, dan pemesanan.

Sedangkan untuk jenisnya sendiri saluran distribusi memiliki berbagai tingkatan. Untuk gambarannya berikut adalah contoh tingkatan saluran distribusi tersebut :

  • Dari produsen ke konsumen => Jalur ini paling pendek dan sederhana tanpa perantara.
  • Dari produsen – pengecer – konsumen => Melalui jalur ini, produsen melayani penjualan dalam partai besar kepada pedagang besar saja. Barulah dari pedagang besar ini barang dijual ke pengecer.
  • Produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen => Disebut pula distribusi tradisional. Pembelian oleh konsumen bisa dilakukan di tempat pengecer.

Itulah jalur-jalur distribusi yang umum digunakan. Maka, penting bagi setiap pebisnis atau pengusaha mnegetahui pengertian distribusi dan logistik untuk kelancaran bisnisnya.

Posted in umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *