Alur Pengiriman Barang yang Harus Diketahui Importir

Alur Pengiriman Barang yang Harus Diketahui Importir

Bagaimana alur pengiriman barang dari luar negeri ke dalam negeri? Kegiatan memasukkan barang ke dalam negeri, tentu harus melewati beberapa proses atau tahapan. Proses tersebut harus dilakukan sesuai dengan aturan, sehingga barang juga bisa masuk ke dalam negeri secara legal atau resmi.

Bagi Anda yang belum tahu alur pengiriman barang import, maka tidak ada salahnya untuk simak ulasan yang berikut ini :

1. Mencari Partner Dagang

Mencari Partner Dagang

Sebagai importir, anda harus mencari eksportir yang bisa menyuplai produk yang Anda inginkan. Jika sudah bertemu dan ingin melakukan pengiriman produk, maka harus ada kesepakatan mengenai harga barang hingga bagaimana kualitas barang yang akan diambil.

Agar transaksi bisa berjalan secara lancar, maka komunikasi harus terjalin dengan baik dari kedua belah pihak. Untuk mencari partner dagang atau pihak yang akan menyuplai barang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Beberapa diantaranya adalah dengan mencari supplier yang terpercaya dan juga berkualitas. Sedangkan untuk mencari siapa yang akan menjadi suppliernya, Anda bisa langsung datang sendiri, mencarinya melalui marketplace, atau melalui koneksi yang dimiliki.

2. Menentukan Pengiriman Barang

Menentukan Pengiriman Barang

Pihak importir akan menghubungi forwarder guna menentukan rute jalur yang akan diambil. Dalam hal ini, terdapat pilihan antara jalur jalur dan juga jalur udara. Agar bisa mendapatkan rute pengiriman terbaik, pihak importir harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan dan masing-masing pengiriman barang, entah melalui laut atau udara.

Kelebihan pengiriman melalui laut adalah bisa mengirimkan barang dalam jumlah banyak dan ukuran yang besar. Sedangkan pengiriman menggunakan jalur udara membuat Anda bisa mengirimkan barang secara lebih cepat.

3. Forwarder Memberikan Alamat Gudang

Forwarder Memberikan Alamat Gudang

Jika deal harga sudah dilakukan dan jalur yang diambil sudah siputuskan, pihak forwarder akan memberikan alamat gudang dan juga kode marking. Selanjutnya, barang yang ingin diimport bisa dikirimkan ke gudang milik forwarder di China. Pengiriman ke gudang dilakukan oleh pihak suplier.

4. Dokumen Pendukung

Dokumen Pendukung

Ada beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk membuat pengiriman bisa dilakukan secara lebih lancar. Adalah invoice dan juga packing list yang harus diberikan dari pihak importir ke pihak forwarder.

Kedua dokumen pendukung pengiriman tersebut memiliki  bisa digunakan untuk memantau perjalanan produk yang diimport nantinya.

5. Mengurus Perijiinan

Mengurus Perijiinan

Jika barang sudah sampai di gudang, maka akan segera diatur pengirimannya ke Indonesia. Dalam hal ini, pihak forwarder akan membantu berbagai jenis perizinan, custom clearanse, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan jasa pengiriman terpercaya, maka pengiriman juga bisa dilakukan secara lebih aman dan jauh dari kerusakan atau bahkan kehilangan.

Jika barang yang diimport sudah sampai di tempat forwarder, maka tagihan ongkir akan segera ditagihkan kepada pihak importir. Setelah dilunasi, barang bisa segera diantar setelah pelunasan.

Alur pengiriman barang dari luar negeri sebaiknya diketahui oleh pihak importir supaya pengiriman barang bisa dilakukan secara lebih lancar. Jika pengiriman lancar dilakukan, maka barang juga akan segera sampai sehingga bisa dijual atau dijadikan sebagai bahan baku produksi sesuai dengan kebutuhan.

Jasa forwarder door to door dari Indoforwarding siap melayani pengiriman barang secara cepat, aman, dan dengan tarif yang murah. Segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi atau jika Anda memiliki pertanyaan seputar layanan pengiriman kami. Tersedia beberapa kontak resmi yang kami sediakan bagi pengguna jasa kami.

Posted in ekspor dan impor, umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *