Layanan Jasa Pengurusan Kepabeanan (PPJK) dari Indoforwarding

Layanan Jasa Pengurusan Kepabeanan (PPJK) dari Indoforwarding

Apa itu jasa PPJK dan perannya dalam kegiatan perdagangan internasional? PPJK sendiri merupakan singkatan dari Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan. Perusahaan ini memiliki tugas mengurusi segala bentuk pengurusan formalitas kepabeanan untuk barang impor. Bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan PPJK maka bisa segera menghubuni Indoforwarding.

Apa Itu Pengertian dan Definisi Jasa PPJK

Apa Itu Pengertian dan Definisi Jasa PPJK

Adalah suatu badan usaha yang mengurusi pemenuhan kewajiban pabean atas nama importir. Seperti yang diketahui, agar suatu barang bisa masuk ke negara lain maka harus memenuhi semua aturan yang sudah ditetapkan oleh negara tersebut.

Sayangnya tidak semua orang paham atau tahu cara kepengurusan barang di kepabeanan. Disinilah PPJK berperan dengan cara membantu para importir yang tidak bisa mengurusi proses import yang ia lakukan. Terutama bagi seorang pemula dalam dunia impor, peran PPJK ini tentu sangat membantu.

Dalam mengurusi kepabeanan, PPJK siap membantu untuk melakukan pengisian dokumen pemberitahuan, customs clearace, hingga kegiatan lain yang berkaitan dengan kepabeanan. Alhasil,importir tinggal siap terima barang, tanpa harus pusing mengurusi berbagai proses untuk penyelesaian kewajiban kepabeanan barang agar bisa masuk ke Indonesia.

Banyak yang berpikir jika proses kepabeanan merupakan kegiatan yang tidak hanya rumit dan memakan banyak waktu. Namun dengan adanya PPJK semua masalah tersebut akan diurusi tanpa harus Anda turun tangan sendiri. Anda tinggal membayar uang jasa untuk kepengurusannya kepada PPJK.

Apa Saja Kebutuhan Pengurusan Kepabeanan Terkait Kegiatan Eksport Import

Apa Saja Kebutuhan Pengurusan Kepabeanan Terkait Kegiatan Eksport Import

Apa saja yang harus diurus supaya barang bisa masuk ke tanah air serta tidak dianggap sebagai barang ilegal? Untuk alur kepengurusannya, Anda bisa lihat ulasan yang berikut ini.

Persiapan Kedatangan Sarana Pengangkut

Saat sarana pengangkut sudah tiba di daerah pabean maka harus memberitahukan rencana kedatangan ke kantor bea dan cukai. Sarana pengangkut juga harus menyerahkan pemberitahuan pebean mengenai jenis barang yang diangkut sebelum dilakukan pembongkaran muatan.

Pembongkaran sendiri bisa dilakukan tanpa pemberitahuan pabean kepada pihak bea cukai jika terjadi kondisi darurat. Kondisi darurat yang dimaksud antara lain adalah kebakaran hingga terjadinya kerusakan mesin yang tidak bisa diperbaiki.

Pengajuan Dokumen PIB

Adalah jenis dokumen pemberitahuan oleh PPJK kepada pihak bea cukai atas barang. Beberapa dokumen yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  • Invoice => Adalah dokumen faktur penjualan barang impor yang diterbitkan oleh pihak pengirim barang atau pihak penjual
  • Packing list => Dokumen kemasan yang menunjukkan beberapa informasi seperti halnya jenis barang, berat, dan juga jumlah dari barang yang diimpor.
  • Bill of Lading. Airway bill => Dokumen pengangkutan yang memuat informasi lengkap mengenai nama kapal, nama pengirim, data muatan, pelabuhan bongkar, cara pembayaran, dan juga pelabuhan muat, juga data lainnya.

Dan beberapa dokumen lainnya yang biasanya dilakukan secara elektronik. Dalam hal ini, pihak PPJK akan memasukkan data ke modul PIB dan mengirimkannya secara elektronik ke sistem aplikasi impor dari bea dan cukai (SKP).

Pemeriksaan Dokumen juga Fisik Barang

Jika PPJK sudah mendapatkan SPJM (Surat Pemberitahuan Jalur Merah) maka akan ada pemeriksaaan dokumen dan fisik barang.  Alurnya adalah dengan PPJK yang menyerahkan hard copy copy PIB dan juga dokumen pelengkap juga menerima tanda terima dokumen dari petugas.

Selanjutnya, PPJK juga akan menyerahkan dokumen kesiapan barang. Sementara pihak be cukai akan melakukan tugasnya dengan melakukan perekaman ke SKP impor juga menerbitkan intruksi pemeriksaan barang. Jika sudah, maka barang akan diperiksa apakah sesuai dengan dokumen PIB atau tidak.

Pembayaran Pajak untuk Barang Impor

Ada beberapa pajak yang harus dibayarkan seperti halnya pajak untuk bea masuk, cukai, bunga, pajak dalam rangka impir, dan juga denda administrasi. Pembayaran pajak sendiri bisa dilakukan melaui Bank devisa Persepsi, PT. Pos, atau bisa juga melalui kantor pabean.

Surat Perintah Pengeluaran Barang atau SPBB

Adalah proses terakhir yang harus dilakukan oleh pihak importir. Dengan proses ini, maka pemilik barang sudah bisa mengeluarkan barang dari daerah pabean menuju ke gudang sendiri di dalam negeri.

Layanan Jasa PPJK Profresional dan Berpengalaman dari Indoforwarding

Layanan Jasa PPJK Profresional dan Berpengalaman dari Indoforwarding

Apakah Anda sedang mencari jasa PPJK yang profesional dan juga berpengalaman di bidangnya? Jika iya, Anda bisa segera menghubungi Indoforwarding. Kami merupakan layanan dan juga jasa yang telah berpengalaman dalam dunia perdagangan internasional, eksport dan impor.

Kami juga telah dipercaya oleh ratusan pelanggan untuk membantu pengiriman barang dari luar sampai ke dalam negeri secara selamat dan juga tepat waktu. Dengan pengalaman yang kami miliki, kami mampu melayani Anda dengan baik dan tentunya aman.

Keuntungan Menggunakan Layanan PPJK di Indoforwarding

Keuntungan Menggunakan Layanan PPJK di Indoforwarding

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan PPJK di Indoforwarding? Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dan tentunya belum tentu bisa didapatkan saat Anda bekerja sama dengan perusahaan yang lain.

  • Tepat waktu => Ketepatan waktu merupakan hal yang sangat penting terutama bagi kegiatan impor. Apalagi, produk yang impor biasanya masih harus melalui proses produksi atau pengolahan lagi setelah tiba. Sehingga semakin cepat produknya dikirimkan, semakin cepat juga produk impor bisa diolah.
  • Mampu menyelesaikan masalah => Kami juga merupakan perusahaan yang mampu menyelesaikan masalah yang bisa saja muncul selama proses pengiriman barang dilakukan. Bekerja sama dengan kami, Anda tidak perlu kerepotan sendiri mengurusi berbagai masalah pengurusan tersebut.
  • Bekerja sesuai dengan kesepakatan => Saat melakukan kerjasama, maka kedua belah pihak yakni pihak perusahaan dan juga pengguna jasa akan melakukan kesepakatan. Dan saat melakukan pekerjaannya, Indoforwarding akan bekerja sesuai dengan perjanjian yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Kejelasan biaya => Seperti yang diketahui, setiap proses impor tentunya mengeluarkan pengurusan karena membutuhkan saran pengangkut hingga biaya pajak yang harus dibayarkan. Dalam hal ini, Indoforwarding akan memberikan kejelasan mengenai biaya apa saja dan juga besarannya yang harus dibayarkan selama proses impor dilakukan.
  • Aman => Tidak perlu khawatir karena kami mampu menyelesaikan pekerjaan pengiriman barang secara cepat dan pastinya aman. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan barang sampai di gudang tanpa kurang atau kerusakan. Kami bekerja sebaik mungkin supaya barang tetap utuh sampai di tangan pelanggan.

Anda bisa menghubungi jasa PPJK di Indoforwarding melalui kontak yang tersedia. Ada nomor kontak untuk telepon, whatsapp, dan juga alamat email yang bisa Anda hubungi untuk bekerja sama dengan kami. Pilih salah satu pilihan kontak yang kami sediakan untuk tersambung dengan admin kami.

Indoforwardring merupakan salah satu jasa forwarder door to door yang siap melayani pengiriman impor secara aman dan juga cepat di dalam negeri. Sebagai jasa ekspedisi import, kami menyediakan berbagai armada pengiriman seperti jalur udara dan juga jalur laut yang bisa digunakan. Pilih sendiri jalur mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Posted in Ekspedisi barang, Perdagangan Internasional and tagged , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *