manufaktur adalah bagian dari industri

Pengertian Manufaktur dan Berbagai Element di dalamnya

Manufaktur adalah hal yang berkaitan dengan produksi secara masal pada suatu barang. Dalam sistem pengertian ekonomi, manufaktur meliputi banyak bidang. Mereka menghasilkan produk yang kemudian dijual kepada pelanggan. Tujuan utamanya ialah untuk mendapatkan keuntungan.

Manufaktur Adalah Bagian dari Industri

kegiatan industri manufaktur

Pengertian manufaktur sendiri ialah suatu cabang atau lebih tepatnya bagian dari industri dimana mereka mengaplikasikan mesin, alat dan tenaga manusia dan proses tertentu. Semuanya bergerak bersama untuk mengubah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang jadi. Barang inilah yang nantinya memiliki nilai jual dan jadi barang dagangan yang diperjualbelikan.

Saat ini, manufaktur telah mencakup ruang lingkup yang lebih kompleks. Bidang ini bisa berupa aktivitas manusia, mulai kerajinan tangan hingga produksi secara masal dengan teknologi tinggi. Jenisnya pun beragam dan jadi bagian penting dalam industri.

Biasanya, produksi barang jadi ini dilakukan secara masal. Banyak pula yang menyebut istilah tersebut dengan fabrikasi untuk menghasilkan beraneka barang yang dibutuhkan manusia.

Perkembangan Manufaktur di Dunia

perkembangan manufaktur di dunia

Pada masa sebelumnya, manufaktur hanya terdiri dari seorang tukang yang ahli dan beberapa pembantu. Sebelum adanya revolusi industri di dunia barat, manufaktur hanya ada di desa-desa. Produknya meliputi produk rumahan. Fokus utamanya ialah pengolahan hasil pertanian.

Saat ini, manufaktur sudah melingkupi berbagai bidang. Hampir di setiap negara memiliki manufaktur dan pabrik-pabrik untuk memproduksi barang-barang yang dijual. Beberapa bidang manufaktur yang ada di dunia ini adalah :

  • Bidang bangunan dan konstruksi
  • Bidang biomedis
  • Bidang energi
  • Bidang industri
  • Bidang informasi dan komunikasi
  • Bidnag militer
  • Bidnag pendidikan
  • Bidang pertanian
  • Bidang transportasi

Selain bidang di atas, masih ada berbagai bidang manufaktur lain. Semuanya memproduksi barang atau produk yang dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Bahkan pada saat ini perkembangan manufaktur bukan hanya memproduksi barang jadi untuk kebutuhan di suatu negara, namun lebih bersifat internasional.

Tentu saja anda membutuhkan jasa ekspedisi import maupun eksport untuk mengirimkan barang jadi yang dihasilkan perusahaan manufaktur dari negara yang satu ke negara lainnya.

Manufaktur Sebagai Bidang Usaha (Perusahaan)

perusahaan manufaktur

Definisi manufaktur bisa diartikan juga sebagai perusahaan atau badan usaha yang melakukan aktivitas pengolahan bahan mentah maupun bahan-bahan setengah jadi. Banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ini. Salah satu cirinya ialah mereka menghasilkan produk dengan nilai ekonomis tersendiri.

Hasil dari industri ini ialah berupa barang yang terlihat produknya. Dalam prosesnya mereka membutuhkan mesin dan tenaga manusia. Meskipun ada pula manufaktur skala kecil, namun pada umumnya istilah ini lebih mengacu pada perusahaan besar yang membuat produk secara masal.

Selain itu, ciri lainnya ialah adanya prosedur standar yang diterapkan dan diatur. Di dalam proses menghasilkan suatu produk, ada 3 komponen utama yang terkait, yaitu :

  • Bahan baku => Sebagai bahan utama pembuatan barang bisa berupa bahan mentah atau bahan setengah jadi yang selanjutnya melalui proses pengolahan menjadi suatu produk.
  • Tenaga kerja => Meskipun dalam manufaktur mengandalkan mesin, namun penyediaan tenaga manusia juga sangat penting. Mesin tak akan bisa beroperasi tanpa adanya campur tangan manusia.
  • Biaya overhead pabrik => biaya ini biasanya muncul dalam manufaktur. Contohnya ialah biaya telepon, dan perawatan mesin.

Sebuah manufaktur, sebenarnya bukan hanya menguntungkan pribadi, pemilik perusahaan atau pabrik tersebut. Namun secara umum, industri ini memberikan lebih banyak manfaat.

Salah satunya ialah penyerapan tenaga kerja. Lalu ada pula sumbangan kepada devisa negara dimana produk yang dihasilkan bisa diekspor. Pajak pun juga menjadi sumbangan tersendiri kepada negara.

Jadi, manufaktur adalah faktor penting dari pembangunan suatu negara. Bisa pula menjadi hal penting dalam perkembangan perekonomian dan kesejahteraan orang-orang di dalamnya. Bagian dari industri ini bisa dimiliki perorangan, kelompok, atau negara.

Posted in umum and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *