Peringkat negara industri di Asia

Apa Saja Negara-negara Industri Terbesar di Asia

Peringkat negara industri di Asia merupakan daftar negara yang memiliki andil besar dalam kegiatan perekonomian di dunia. Hal ini tak lepas dari peran manufaktur dalam kemajuan ekonomi suatu negara. World Economis Forum atau WEF telah mengeluarkan daftar negara mana saja yang merupakan negara industri terbesar di dunia.

Beberapa negara Asia masuk di dalamnya dan memiliki pengaruh signifikan bagi perdagangan dunia. utamanya dalam hal ekspor dan import ke luar negeri.

China di Peringkat 1 Negara Industri Di Asia

negara china

China merupakan negara industri manufaktur yang cukup diperhitungkan di dunia. Negara ini menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini juga turut dipengaruhi oleh perdagangan bebas dunia dan perdagangan bebas ASEAN.

Produk-produk import barang Cina memungkinkan untuk masuk ke negara-negala lain dengan lebih mudah, termasuk Indonesia. Keunikan dan harga produk yang bersaing mampu menjadi nilai tambah mengapa China sukses menjadi negara manufaktur terbaik di Asia.

China tercatat sebagai salah satu negara manufaktur dengan peringkat yang memuaskan berdasarkan WEF. Peringkatnya sejajar dengan negara manufaktur lain seperti negara Swiss dan negara –negara Eropa lainnya.

Klik Disini Untuk Mengetahui Hubungan Dagang Indonesia China

Korea Selatan sebagai Negara Industri yang Perhitungkan

negara korea selatan

Dalam peringkat negara industri di Asia, Korea Selaran tentu saja masuk di dalamnya. Inilah negara dengan pusat inovasi terbesar di Asia selain Jepang dan China.

Meskipun tidak memiliki sumber daya lama seperti migas dan hutan, namun negara ini mampu bersaing dan menjadi negara industri di Asia.

Jika dibandingkan dengan negara tersebut Indonesia masih tertinggal jauh. Karena negara ini mengandalkan sektor sumber daya alam sebagai komoditi utama ekspor, dan belum mengacu pada manufaturnya.

Jepang, Termasuk Negara Industri yang Terus Tumbuh

negara jepang

Aktivitas industri di Jepang semakin meningat dari tahun ke tahun. Terutama dalam empat tahun terakhir dimana laju perkembangannya adalah yang tercepat.

Produk otomotif dan elektronik masih menjadi andalan negeri ini untuk komoditi ekspor. Indonesia termasuk pasar yang strategis bagi Jepang sebagai peredaran barang-barang produksi mereka.

Klik Disini Untuk Mengetahui Hubungan Dagang Indonesia Jepang

Indonesia dalam 10 Negara industri Terbesar berdasarkan UNIDO

negara indonesia

UNIDO adalah organisasi pengembangan Industri milik PBB. Badan ini mendukung penguatan kapasitas industri di Indonesia. Bersasarkan UNIDO, Indonesia mampu masuk peringkat 10 besar negara industri.

Pertumbuhan industri di Indonesia turut berkontrbiusi pada perkembangan lapangan kerja di Indonesia. Selanjutnya akan berkontribusi pada kesejahteraan penduduknya.

Sampai saat ini, UNIDO masih berperan aktif sebagai badan untuk mempromosikan dan mempercepat perkembangan industrial di negara berkembang, termasuk Indonesia.

India sebagai Negara Industri di Asia

negara india

Banyak yang tidak menyangka kalau India akan masuk sebagai negara dengan peringkat yang bagus dalam ranah negara industri di Asia bahkan di dunia. Hal ini tak lepas dari kemjaun teknologi negara India yang cukup tinggi. Dalam rentang tahun 2016 hingga 2017 India bisa menghasilkan 160 miliar dolar dan mencakup 10% dari PDB negara tersebut.

Salah satu perusahaan yang patut diperhitungkan di India adalah Infosys yang sudah beroperasi di hampir seluruh bagian dunia. Perusahaan ini memulai investasinya dengan hanya 250 dolar saja. Kini menjadi perusahaan yang sangat mempengaurhi perekonomian negara India.

Itulah peringkat negara industri di Asia. Indonesia sendiri kini dengan pertumbuhan yang semakin baik berusaha mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Sektor industri terus ditingkatkan dengan mempermudah pemodal atau investasi asing membuka perusahaan di negara ini. Dengan begitu, kesejahteraan akan semakin meningkat.

Posted in umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *