jasa cargo udara indoforwrding

Jenis-Jenis Layanan Cargo Pengiriman Barang Via Udara

Jasa cargo udara menjadi bagian tak terpisahkan bagi banyak bisnis importir yang berkecimpung di kegiatan export dan import. Bukan hanya itu, perusahaan ini juga membantu siapa saja untuk urusan ekspedisi pengiriman barang dari dan ke luar negeri. Untuk bisa memfaislitasi semua pihak, maka ada beberapa jenis cargo udara. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis produk yang memiliki karakter berbeda-beda.

Cargo udara sendiri merupakan sebuah produk dari suatu maskapai penerbangan. Di setiap rute penerbangan, mereka menurunkan atau mengangkut cargo untuk dikirim ke wilayah lainnya. Fasilitas ini membantu banyak pihak untuk pengiriman yang lebih cepat dan juga efisien. Oleh karena itu hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin menggunakan jasa ekspedisi import.

Beberapa Jenis Layanan Cargo Udara

jenis layanan kargo udara indoforwarding

Pengiriman barang lewat jalur udara menjadi banyak pilihan bagi perusahaan maupun perorangan. Secara umum, ada 3 jenis cargo yang disediakan oleh layanan jasa cargo lewat udara ini, yaitu :

  • General cargo => disebut pula cargo umum yang mengatur pengiriman barang yang tidak berbahaya. Kriteria barang melalui jenis cargo ini ialah : barang tidak mudah¬† rusak, layu, basi, atau mati. Tidak ada penanganan khusus untuk jenis cargo ini. Di pesawat, barang akan diletakkan di compartment pesawat terbang.
  • Special cargo => disebut pula dengan cargo khusus. Seperti namanya, barang yang dikirkm membutuhkan penanganan khusus, utamanya saat pengangkutan maupun pengiriman. Di dalamnya terbagi beberapa kategori lagi, yaitu :
    • Valuable goods atau VAL => jenis barang ini tidak terlalu berat namun memiliki nilai yang tinggi. Yang termusuk di dalamnya ialah berlian, intan, perhiasan emas, giro, cek, dan barang berharga lain dengan ukuran kecil.
    • Perishable Goods atau PER => jenis barang untuk cargo ini ialah barang yang mudah busuk sehingga butuh perlakuan khusus. Contohnya ialah daging, telur, buah, sayuran, bibit tanaman, dan jenis barang lainnya.
    • Strongly smelling goods => barang ini memiliki ciri dengan bau menyengatnya. Contohnya ialah : minyak wangi, durian, dan benda-benda beraroma kuat lainnya.
    • Diplomatic Pouch atau DIP => barang kiriman ini bersifat diplomatis. Dibutuhkan keamanan serta penanganan khusus untuk menjaga nilai barang tersebut.
    • Live Human Organ atau LHO => jenis cargo ini untuk organ tubuh manusia yang masih berfungsi. Pengiriman barang ini untuk tujuan medis dan memiliki ijin khusus. Contohnya alah hati dan ginjal.
    • Human remain atau HUM => pengiriman HUM termasuk spesial cargo dimana di dalamnya ada jenazah manusia. Ada yang berupa cremated maupun un-cremated.
  • Dangerous cargo => seperti namanya, jenis cargo ini khusus untuk barang-barang yang berbahaya dan bisa mengganggu keselamatan penumpang dan penerbangan. Di dalam kategori ini, termasuk di dalamnya :
    • Gasses atau RPG => barang ini memiliki kriteria yang mudah menguap. Contohnya ialah Propane, Butane, dan barang lainnya.
    • Explosive Goods atau REX => barang ini bersifat mudah meledak sehingga beresiko tinggi pada penerbangan. Contohnya ialah petasan, kembang api dan lain-lainnya.
    • Flammable Liquids atau RFL => barang kiriman dalam cargo ini sifatnya cair namun mudah terbakar. Contohnya ialah : alkohol, bahan cat tertentu, dan lain-lain.
    • Toxic atau RPB dan Infected Subtabces atau RIS => barang kiriman lewat cargo khusus ini sifatnya beracun. Contohnya alah pestisida, virus, sianida, dan lain-lain.
    • Oxidizing substances atau ROX => barang kiriman lewat cargo udara ini sifatnya mudah menguap. Dan jika dihirup oleh manusia bisa sangat berbahaya. Contohnya ialah calcium chlorate.

Beberapa jenis barang tersebut adalah yang menjadi barang kiriman lewat jasa cargo udara. Masing-masing jenis barang memiliki kategori khusus. Jadi, perlakuan setiap benda akan berbeda tergantung pada kategori produknya. Dengan demikain, selain bisa mempertahanan nilai barang, juga bisa menjamin keamanan penerbangan yang dilakukan.

Posted in Ekspedisi barang, ekspor dan impor and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *