perdagangan bebas serta pengaruh positif dan negatifnya

Kelebihan dan Kekurangan dari Berlakunya Perdagangan Bebas

Apa itu perdagangan bebas ? Masyarakat nampaknya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Karena pemberitan tentang pasar bebas sudah banyak posting oleh  berbagai media. Yang jelas, adanya kebijakan pasar bebas ini menguntungkan bagi negara-negara berkembang. Mereka bebas melakukan perdagangan internasional dengan berfokus pada pengembangan dari pasar terbuka.

Perdagangan bebas merupakan sistem perdagangan terbuka tanpa adanya batasan bagi perusahaan atau individu untuk saling berdagang pada negara yang berbeda. Cara perdagangan ini membuat suatu negara bisa lebih maju dengan meningkatkan penjualan produk ke luar negeri.

Tidak Adanya Hambatan Pada Perdagangan Bebas

tidak ada hambatan pada perdagangan bebas

Perdagangan bebas bisa diartikan sebagai tidak adanya hambatan yang diterapkan pemerintah suatu negara terkait dalam urusan perdagangan antar individu maupun perusahan yang ada di negera berbeda.

Maka setiap orang dalam suatu negara bebas melakukan jual beli dengan negara lain. Kebijakan ini adalah hasil ketentuan dari World Customs Oranization. Kini, Indonesia dan negara-negara lain sudah masuk ke pasar bebas dimana kegiatan impor dan ekspor makin mudah dilakukan.

Dalam praktiknya, perdagangan bebas disyaratkan adanya kebebasan terhadap arus barang maupun jasa. Hal ini ditandai dengan pengurangan atau penghapusan hambatan tarif dan non tarif.

Peluang-peluang Dalam Pasar Bebas

Selain mengetahui apa itu perdagangan bebas, setiap penggiat usaha juga harus tahu peluang yang tersedia. Bukan hanya perusahan-perusahaan besar yang memiliki kesempatan untuk tumbuh di era pasar bebas. UKM pun memiliki peluang baru untuk mencari pasar yang lebih luas lagi. Contohnya ialah dalam pasar bebas negara-negara ASEAN. Setidaknya ada beberapa peluang yang terbuka pada era pasar bebas ini, yaitu:

  • Peluang ekspor barang tanpa tarif di kawasan ASEAN
  • Terbukanya peluang bagi bisnis sektor industri kreatif bagi anak-anak muda
  • Peluang masuknya berbagai jenis investasi pihak swasta untuk menanam modalnya khususnya di bisnis UKM

Dengan adanya perdagangan bebas yang tanpa hambatan tarif ini, memungkinkan bagi semua negara untuk  menarik investor dan menanamkan modalnya di negara tersebut. Hal ini akan membuka peluang baru dan juga kesempatan meraih pasar yang lebih luas lagi.

Fungsi Pasar Bebas Dalam Dunia Bisnis

Selain membuka peluang-peluang bisnis baru, pasar bebas juga menyajikan fungsi dalam perkembangan bisnis. Karenanya kegiatan import dan ekspor jadi makin mudah dilakukan.

Berikut ini ada 5 fungsi utama dari penerapan perdagangan di dunia:

  • Produk-produk berupa barang dan jasa lebih leluasa untuk keluar masuk antara negara
  • Mudahnya akses informasi yang lebih cepat untuk menganalisa kebutuhan pasar
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
  • Meningkatkan daya saing antar pengusaha
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dengan tujuan memperoleh aba sebanyk-banyaknya.

Sektor Bisnis Paling Diincar di Era Pasar Bebas

Beberapa sektor usaha ternyata menjadi incaran bagi pebisnis. Khususnya pada era pasar bebas dimana kesempatan untuk tumbuh jauh lebih besar,  seperti:

  • Bisnis dalam bidang UMKM : pengembangan bisnis ini berpeluang masuk ke pasar internasional dengan meningkatkan daya saing yang dimiliki.
  • Sektor investasi : khususnya investasi dalam bidang properti, dalam pasar bebas peluangnya terbuka lebar terlebih dengan adanya mobilisasi ke negara-engara tertentu yang akan diikuti dengan pembangunan  sektor properti.
  • Sektor pendidikan : sektor ini akan membantu pembentukan sumber daya yang berkualitas khususnya bagi negara-negara maju.
  • Sektor usaha kreatif : dengan kreatifitas dan inovasi yang ada, sektor ini memiliki peluang yang besar untuk berhasil. Maka penekanan pada kreativiats dan inovasi sangat penting dalam hal ini.
  • Sektor bisnis online : hampir setiap kegiatan dan transaksi dilakukan dengan via online, maka bisnis dalam bidang ini banyak dilirik sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Itulah sektor bisnis yang diincar pelaku bisnis dalam perdagangan bebas. Siapapaun yang mau belajar dan mau bersaing akan mendapat kesempatan sama besar untuk memperluas pasar. Da satu tips yang bisa dipraktekkan dalam era pasar bebas agar tetap sukses, yaitu perkaya update informasi dan teknologi masa kini sebagai kunci sukses dalam memasuki pasar bebas.

Dampak Positif dari Perdagangan Bebas

dampak positif perdagangan bebas

Seperti layaknya pisau bermata dua, perdagangan bebas memiliki dampak positif di satu sisi dan negatif disisi lainnya. Beberapa dampak positif perdagangan bebas bagi suatu negara seperti yang berikut ini:

Terpenuhinya kebutuhan suatu negara

Tidak semua negara mampu memenuhi kebutuhannya sendiri terlebih jika sumber daya alam atau manusianya terbatas. Dalam hal ini negara membutuhkan bantuan dari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri mereka.

Memperluas lapangan kerja

Manfaat lain dari cara perdagangan di atas adalah meluasnya lapangan kerja. Ketika perusahaan dari negara lain membangun cabang ke dalam negeri, sudah pasti mereka akan membutuhkan karyawan untuk menjalankan perusahaan tersebut.

Dengan demikian, jumlah pengangguran suatu negara akan berkurang. Selain itu, para pekerja dalam negeri juga memiliki kesempatan lebih besar untuk bekerja ke luar negeri.

Meningkatkan kualitas produk

Dengan persaingan yang semakin luas, para produsen akan berusaha meningkatkan kualitas produk mereka agar tidak kalah saing dengan pihak lain. Para produsen akan terdorong untuk menjadi lebih kreatif serta inovatif dalam mengembangkan kualitas produk mereka.

Ketika produk yang dijual memiliki kualitas baik dan tidak kalah dari produsen negara lain, mereka akan mampu bersaing di pasar yang lebih luas yakni pasar global.

Dampak Negatif Perdagangan Bebas

dampak negatif perdagangan bebas

Selain memiliki kelebihan, perdagangan bebas juga memiliki beberapa dampak negatif seperti yang berikut ini:

Terhambatnya industri dalam negeri

Suatu negara yang belum siap dengan adanya sistem perdagangan di atas memicu terjadinya penghambatan industri dalam negeri sendiri. Ketika pelaku utama barang produksi tidak mampu menciptakan produk yang bagus dengan kualitas baik, dia akan tersingkir dari pasar global karena kalah saing.

Penting bagi pelaku produksi untuk selalu kreatif dan menciptakan produk berkualitas demi memenuhi kebutuhan para konsumennya.

Berkurangnya pendapatan suatu negara

Dampak dari efek negatif diatas adalah terjadinya kesenjangan antara eksport dan import yang mana import lebih besar dari eksport itu sendiri. Dengan eksport yang rendah, maka pendapatan akan ikut melemah. Jika sudah demikian, pendapatan negara bisa berkurang atau bahkan menambah hutang negara.

Tenaga kerja yang tidak terserap secara maksimal

Negara dengan kompetensi rendah membuat mereka kurang bisa bersaing dengan negara lain yang lebih unggul. Alhasil pengangguran akan semakin meningkat hingga berpengaruh pada kesejahteraan suatu negara.

Keberadaan perdagangan bebas memang memiliki kelebihan serta kekurangan, namun terlepas dari itu, perdagangan ini juga membantu peningkatan ekspor serta impor dalam suatu negara.

Perdagangan Bebas Membutuhkan Jasa Pengiriman Barang yang Kompeten

jasa pengiriman perdagangan bebas

Dalam melakukan eksport ataupun import, dibutuhkan jasa pengiriman barang yang akan membantu pihak produsen menyalurkan barang tersebut kepada konsumen. Pengiriman barang bisa dilakukan melalui jalur laut, udara serta darat tergantung pada pilihan pihak pengirim barang.

Pengiriman dengan berbagai jalur tersebut memiliki kelebihan serta kelemahannya masing-masing yang sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai anda salah memiliki jasa pengiriman yang berakhir pada kerugian.

Indoforwading merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang terbaik di bidangnya. Indoforwading didirikan sejak tahun 2009 dan telah menyalurkan banyak barang hingga selamat kepada pihak penerima barang. Indoforwading memiliki kualitas pengiriman barang yang baik dan secara tepat waktu mampu mengirimkan barang ke tempat tujuan.

Posted in ekspor dan impor, Perdagangan Internasional and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *