harga produk China sangat murah

Kesempatan Import Produk Dari China dengan Harga yang Sangat Murah

Kenapa harga produk China sangat murah ? Pastinya banyak yang penasaran akan jawaban pertanyaan ini. Hal ini tak mengherankan karena  beberapa puluh tahun belakangan ini, produk China membanjiri Indonesia dengan label made in China.

Fenomena ini tak lepas dari murahnya harga produk dari China yang diimport langsung dari negara tersebut. Khususnya untuk barang berupa elektronik dan smartphone yang sukses memasuki pasar Indonesia.

Branding Penyebab Pertama Harga Produk China Sangat Murah

branding penyebab utama harga produk China sangat murah

Terlepas dari stigma bahwa produk China tidak berkualitas, namun kenyataannya produk ini justru banyak diburu. Lantaran harganya yang murah maka produk ini memiliki pasar yang bagus di Indonesia.

Alasan pertama kenapa harga produk dari negara ini lebih murah ialah karena China lebih mengutamakan Branding daripada keuntungan. Jadi setiap barang yang djual, pabrik-pabrik di China tidak mengambil untung banyak.

Contohnya harga produk smartphone yang kita kenal selama ini produk dari China harganya sangat kompetitif dengan kualitas yang bagus. Setelah popularitasnya melambung tinggi, barulah pabrikan handphone tersebut merilis produk smartphone berkelas high end yang lebih mahal.

Inilah strategi negara ini dalam memasarkan produknya di pasar global, termasuk Indonesia. Semua pabrik dan perusahaan memiliki cara tersendiri dalam hal tersebut. Hingga diharapkan produk mereka bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

Home Industri di China Untuk Produksi Barang Setengah Jadi

home industry enyebab utama harga produk China sangat murah

Inilah alsan lain kenapa produk China lebih murah. Maraknya home industri dimanfaatkan untuk memproduksi barang setengah jadi. Komponen smartphone misalnya, diproduksi di home industri dengan standar gaji untuk pegawai rumahan. Barulah perkaitan dilakukan di pabrik. Dengan cara ini, perusahaan bisa memiliki keuntungan lebih besar.

Dukungan Pemerintah dengan Aturan Bebas Pajak

dukungan pemerintah china terhadap industri

Setiap pabrik dan perusahaan memungkinkan untuk berkembang dengan pajak yang relatif kecil. Sejak tahun 2009 lalu pemerintah China memiliki kebijakan untuk megurangi beban pajak usaha mikro.

Kebijakan ini berlaku bagi usaha mikro dimana 90% perusahaan di China adalah UKM sisanya adalah perusahaan dan pabrik besar. Karena itulah tidak heran jika harga yang dijual juga memiliki harga murah dengan beban pajak yang ringan. Kemungkinan melakukan import lebih terbuka dengan harga yang ebih murah.

Kualitas Produk Sesuai Dengan Permintaan Konsumen

kualitas produk murah china sesuai harganya

Jika Anda memasuki dunia importir dari China maka jangan heran kalau harganya sangat murah.  Karena setiap importir atau konsumen bisa memiih harga yang mereka mau. Harga ini akan sesuai dengan kualitas.

Jadi tak mengherankan jika bisnis importir dari negara ini makin populer. Pabrik-pabrik memproduksi barang dengan spesifikasi apapun sesuai permintaan pasar. Bahkan untuk produk elektronik dan gadget sekalipun.

Memiliki Tenaga Kerja yang Melimpah

china memiliki tenaga kerja yang melimpah

China memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Sudah sepatutnyalah tenaga kerja jumlahnya melimpah di negara ini. Fakta ini memungkinkan bagi pabrik-pabrik di China untuk melakukan mass production untuk setiap produk yang mereka buat. Inilah juga yang menyerap tenaga kerja China sekaligus memperkecil pengeluaran untuk satuan produk.

Adanya Subsisi Barang Ekspor dari China

subsidi barang industri china

Tahukah Anda bahwa ada subsidi bagi barang eksor dari China? Barang setengah jadi yang diekspor akan mendapat subsidi dari pemerintah China. Hal ini membuat perusahaan tak perlu membayar biaya penuh. Inilah kenapa harga produk China sangat murah.

Ditambah lagi tidak ada bea ekspor yang akan membuat pengeluaran perusahaan makin minim. Bagi yang ingin berbisnis dengan cara import barang dari China pun akan lebih mudah dan murah dalam pengurusan produk dari negara china tersebut.

Posted in ekspor dan impor, Perdagangan Internasional, umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *