cara kirim barang ke luar negeri

Tata Cara Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Yang Benar

Mungkin anda sering mendengar keluhan disekitar anda bahkan dari lingkungan anda sendiri mengenai pengiriman paket barang dari luar negeri maupun pengiriman ke luar negeri. Tata cara kirim barang ke luar negeri sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini. Dengan catatan kiriman barang yang anda lakukan bukan dalam jumlah yang sangat besar dan untuk anda ketahui tidak mudah untuk mengetahui posisi barang anda sudah sampai dimana untuk melacaknya, serta statusnya bagaimana. Tidak jarang pula dalam kondisi ini sering digunakan para penipu untuk mengeruk keuntungan bemodus kiriman hadiah atau uang dari luar negeri.

Jangan panik dulu jika anda ingin mengirim barang ke luar negeri atau menerima paket internasional. Ada kabar baik jika Anda sekarang dengan mudah bisa mengetahui posisi kiriman barang dari luar negeri /paket yang anda kirimkan dari luar negeri. Caranya adalah dengan mengecek langsung di website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. Pada halaman tersebut Anda dapat melihat sebuah kotak form berwarna oranye posisi sebelah kanan  dimana Anda bisa memulai men-track (mengecek) posisi barang Pengiriman Ke Luar Negri Anda.

Untuk mengetahui pengiriman barang import syaratnya cuma satu: yaitu Anda harus mengetahui nomor Airway Bill (AWB), yaitu semacam nomor resi pengiriman ekspor impor; serta nama penerima paket tersebut.

Anda tinggal ketik data tersebut ke dalam kotak yang tersedia lalu anda tinggal klik PIBK Online Jika pengiriman barang impor Anda memang ada, datanya biasanya akan segera muncul di layar komputer atau handphone Anda. Mudah sekali bukan?

Untuk pengecekan seperti ini baru berlaku untuk mengecek paket paket dari luar negeri yang dikirimkan melalui perusahaan jasa titipan (PJT) seperti Redbox AirAsia, DHL, Fedex, TNT, dan sebagainya. untuk pengecekan status barang kiriman secara online ini tidak berlaku untuk paket yang dikirim melalui kantor pos (Electronic Mail Service – maupun EMS.

Peningkatan Pelayanan Bea Cukai Indonesia

peningkatan layanan bea cukai untuk kiriman barang ke luar negeri

Biasanya Agen Maskapai International yang terkenal diindonesia dan beroperasi yaitu Agen yang Menyediakan serta menjual Airwaybill (AWB) untuk pengiriman barang atau bisa disebut cargo international via udara diantaranya adalah:

  • Agent SMU Eva Air (BR)
  • Agent SMU Malaysian Air (MH)
  • Agent SMU KLM
  • Agent SMU Singapore Airlines (SQ), dll.

Langkah yang diambil oleh Bea Cukai kali ini patut kita acungi jempol sebagai langkah maju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia . Selain itu, Bea Cukai sepertinya sudah semakin gerah dengan banyaknya kasus dari penipu bermodus barang kiriman serta hadiah yang selama ini banyak memanfaatkan nama “bea cukai” untuk memeras serta menipu, dan telah menimbulkan banyak korban penipuan.

Untuk itu pihak Bea Cukai menekankan bahwa para penipu selalu meminta pembayaran bea atau pajak dari paket agar ditransfer ke rekening perorangan. Biasanya para penipu ini juga mendesak korban agar segera mentransfer uang dalam waktu singkat, disertai intimidasi serta ancaman bahwa barang akan dimusnahkan atau dikirim balik jika tidak segera dibayar pajaknya. Semua itu hanya tipuan belaka dari para penipu tersebut.

Cara Kirim Barang Ke luar Negeri Di Indonesia dan Luar Negeri

cara kirim barang ke luar negeri dari indonesia

Untuk cara pengiriman dari Agent SMU ini biasa nya barang atau paket tersebut diantar ke Cargo atau gudang ekspedisi spesialis tersebut, mengapa demikian? Itu tidak lain dan tidak bukan harga dari pengiriman tersebut untuk biaya pick up sudah dipangkas menjadi sangat lebih murah dari pada harga reguler, akan tetapi jika ada klien atau kastamer yang mengginginkan paket atau barang tersebut di pick up atau diambil, disediakan jasa tersebut dengan penambahan biaya yang besarnya disesuaikan dengan jarak tempuh.

Biasanya cara pengiriman barang Internasional dan domestik hampir sama  yang membedakan harga atau nominalnya memang lebih mahal dibandingkan pengiriman Domestik akan tetapi untuk ukuran standarisasi nya adalah (dapat berubah sewaktu-waktu):

  1. Biaya Administrasi SMU Sebesar Rp 5.000/SMU
  2. Biaya VOID SMU Sebesar Rp 50.000/SMU
  3. Biaya packing (apabila barang blm dipacking)
  4. Biaya Surcharge apabila :
    • berat 75 – 150 Kg / Colly surcharge sebesar 100%+Biaya Forklift Rp 100.000
    • berat 150 – 200 Kg / Colly surcharge sebesar 200%+Biaya Forklift Rp 200.000
    • di atas/lebih 200 Kg / Colly surcharge nego + Biaya Forklift Rp 300.000
  5. Pengisian PTI (Pemberitahuan Tentang Isi) dan SMU (Surat Muatan Udara), harus di isi dengan lengkap, benar dan jelas perinciannya. Untuk sesama ekspedisi dan jumlah banyak harga nego.

Cara Pembayaran Kirim Barang Ke luar Negeri Di Indonesia dan Luar Negeri

Untuk cara pembayaran yang dilakukan baik cargo, ekspedisi SMU maupun reguler atau ekspedisi khusus dan ekspedisi spesialis adalah pembayaran dimuka atau cas, saat barang diterima atau diantar ke cargo indoforwarding. Setelah pembayaran dilakukan maka akan diberikan AWB, resi atau tanda terima barang, sebagai bukti penerimaan barang dan pembayaran lunas yang diberikan.

Cara Penerimaan di Tujuan Barang Keluar Negeri Di Indonesia dan Luar Negeri

Setelah barang diterima atau diantar ke Cargo atau Kantor barang akan dikirimkan bersama dengan barang atau paket lainya untuk selanjutnya didistribusikan kepada si penerima, Biasa nya untuk tanda terima resi atau awb satu diterima oleh si pengirim dan satu lagi akan diterima oleh si penerima barang.

Cara Tracking Paket Barang Keluar Negeri Di Indonesia dan Luar Negeri

Untuk cara tracking paket atau barang kiriman pada Ekspedisi khusus atau Spesialis biasa nya melalui konfirmasi melalui telepon ke bagian marketing atau kurir yang menerima barang, atau langsung ke kantor pusat maupun ke cargo, untuk itu biasakan kapanpun dan pada ekspedisi manapun dibiasakan untuk meminta nama jelas dan dan no HP yang bersangkutan, ini bertujuan satu utntuk memudahkan dan memperkuat bahwa barang Anda benar dikirimkan pada perusahaan tersebut, dan juga berguna untuk anda hubunggi lagi saat anda membutuhkan jasa pengiriman tersebut lagi.

Silahkan hubungi kantor jasa ekspedisi import dan eksport indoforwarding di 087-881-888-168 Info tracking cargo via SMS / WA  (24 jam). Ketahui status pengiriman dan keberadaan cargo dengan mengirim nomor SMU disertai kota keberangkatan & tujuan. Nah, selain penanganan barang kiriman ke luar negeri, website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta juga telah dilengkapi dengan aneka informasi yang pastinya sangat berguna bagi anda yang sering bepergian antar negara, serta melakukan aktivitas ekspor impor.

Posted in Ekspedisi barang, ekspor dan impor and tagged , , .

6 Comments

  1. Selamat sore pa.sya mau krim bibit tanaman jeruk ke malaysia,apa sja syarat dan prosedyr ny,yang harus saya lengkapi terutama dokumen2nY,trims

  2. Selamat sore pak, saya mau kirim barang dari bali berupa clothing untuk dijual di maldive syaratnya apa saja ya ?

    • silahkan wa ke nomor 087-881-888-168 untuk berkonsultasi dan informasi lebih lengkapnya…akan kami bantu dan jelaskan…terima kasih sudah berkunjung…salam…^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *